Fotografer bawah air dan instruktur selam di Hong Kong tentang mengapa ia menyukai gaya hidup alternatifnya

Saya selalu menjadi bayi air dan semua orang di keluarga saya suka snorkeling.

Twang Amerika

Orang tua saya bekerja untuk pemerintah. Ibuku adalah seorang ahli bahasa. Dia adalah seorang guru Rusia dan berbicara 10 bahasa. Ayah saya adalah seorang sosialis di hati dan hanya dalam beberapa tahun terakhir dia kehilangan cintanya untuk Rusia.

Dia bekerja untuk Dinas Luar Negeri Jerman dan kemudian Kementerian Ekonomi. Ketika saya berusia 10 tahun, dia ditempatkan di Bulgaria. Saya pergi ke sekolah Amerika di Sofia dan belajar bahasa Inggris, di situlah saya mendapatkan dentingan Amerika saya.

Bahagia di Moskow

Setelah dua tahun, ayah saya ditawari pekerjaan di Rusia. Saya dan saudara laki-laki saya dimasukkan ke sekolah Soviet Rusia, Russkaya Srednaja Shkola. Saya berusia 12 tahun dan tidak berbicara sepatah kata pun bahasa Rusia. Itu adalah hal yang akan dilakukan ayah saya, dia akan menantang kami.

Ini adalah masa komunis dan anak-anak lain tangguh. Anak-anak berusia 12 tahun bisa melakukan 50 chin-up – dan kemudian 10 lagi dengan satu tangan. Saya tidak bisa mengangkat diri saya bahkan 10cm.

Setelah tiga tahun di Sofia, kami pergi ke Moskow dan saya pergi ke sekolah Jerman, Deutsche Schule Moskau. Kami mencintai hidup kami di Rusia.

Rusia terbuka saat itu. Unsur-unsur perdagangan Barat mulai merayap masuk dan kami memiliki dana untuk melakukan apa saja karena itu sangat murah. Kami memiliki kehidupan yang baik. Meskipun dingin di musim dingin, itu mudah.

Bukan orang Jerman biasa

Tahun-tahun di luar negeri menabur benih untuk perjalanan internasional saya. Kami kembali ke Bonn ketika saya berusia 15 tahun. Setelah sekolah menengah, alih-alih dinas militer saya bekerja sebagai sopir ambulans.

Saya ingin terjun ke bisnis, jadi pada tahun 1998 memulai pelatihan kejuruan dan bekerja untuk Siemens di Munich. Pada tahun 2000, saya pergi ke Universitas Erlangen-Nuremberg untuk belajar bisnis dengan pemasaran.

Sebagai mahasiswa, saya menghabiskan satu tahun di luar negeri tinggal di Argentina. Saya memiliki visi untuk menjadi pemasar barang konsumen yang bergerak cepat. Saya sedang mencari cara untuk keluar dari Jerman.

Philips menawari saya pekerjaan di Amsterdam dan dua tahun kemudian, pada tahun 2008, saya pindah ke Hong Kong. Segera saya tahu itu adalah tempat saya.

Saya tidak suka berada di antara orang Jerman, karena saya tidak merasa seperti orang Jerman normal. Saya lebih suka berada di antara ekspatriat lainnya, dan Hong Kong adalah tempat ekspatriat.

Menyelam

Saya melakukan pelatihan PADI – Open Water dan Advanced Open Water – di Amerika Tengah pada tahun 2006, tetapi saya tidak memiliki dana untuk melakukan lebih banyak penyelaman. Semua itu berubah ketika saya sampai di Hong Kong.

Banyak orang Barat mengendus menyelam di Hong Kong tetapi ini adalah pemandangan yang semarak dan menyelamnya tidak buruk. Anda harus jauh dari Sungai Pearl. Anda menyelam antara Februari dan Juni.

Situs menyelam terbaik di Hong Kong yang hanya diketahui sedikit orang adalah puncak bawah air kecil di Round Island. Karangnya indah, ada kipas Gorgonian dan karang cambuk. Dan ada beberapa situs, seperti Lobster Bay dan Little Palm Beach di mana Anda dapat menyelam dari pantai.

Di Asia, menyelam itu murah, dan saya mengembangkannya sebagai hobi No 1 saya. Saya melakukan lebih banyak liburan menyelam, sampai-sampai semua liburan saya menyelam.

Tidak ada one-night stand

Setelah empat tahun bersama Philips, saya ingin bertanggung jawab atas sebuah tim, dan bergabung dengan Binatone Electronics. Pada saat itu, bisnis utamanya adalah membuat monitor bayi untuk Motorola. Saya memiliki tim yang terdiri dari 15 orang.

Beberapa monitor bayi di Mothercare adalah desain dari saya dan tim yang saya jalankan di Sheung Wan, di Pulau Hong Kong. Tapi saya masih belum termotivasi. Saya mengalami perpisahan besar dan hubungan lain yang gagal. Saya terus memilih wanita yang salah.

Saya ingin mengubah dua hal dalam hidup saya – saya ingin menemukan apa yang mendorong saya untuk bekerja dan, terhubung dengan itu, untuk menemukan wanita yang tepat. Jadi, saya pergi menemui beberapa pelatih.

Sebagai seorang pria berusia 30-an di Hong Kong, sangat mudah untuk berkencan. Dibandingkan dengan tempat lain saya merasa mudah. Tapi itu tidak berarti itu orang yang tepat.

Saya memutuskan bahwa saya tidak akan pergi untuk apa pun yang tampaknya tidak benar. Dan itu berarti tidak ada Lan Kwai Fong one-night stand. Saya merampas diri dari permainan cepat.

Seorang pria dengan banyak topi

Saya memutuskan untuk melepaskan pekerjaan penuh waktu dan melakukan banyak pekerjaan. Saya menjadi instruktur selam, menulis untuk magaines, melakukan fotografi bawah air dan menjalankan bisnis impor kamera bawah air.

Saya menyadari, tidak ada banyak uang di industri ini, jadi saya harus memasak di atas api unggun yang berbeda untuk mendapatkan makanan. Sepanjang musim panas bekerja di toko selam, mengajar setiap akhir pekan, saya menghasilkan sekitar HK $ 50.000.

Artikel menyelam dengan foto bawah air memberi saya eksposur lebih dari uang – seringkali apa yang saya peroleh hampir tidak menutupi biaya penerbangan. Saya bekerja untuk LSM di mana saya tidak menghasilkan uang sama sekali tetapi saya membuat kontak.

Menemukan ceruk

Pada tahun 2015, saya menjalankan perjalanan kelompok kecil pertama saya. Mereka ditargetkan di lokasi bucket list di Asia untuk penyelam berpengalaman dan pemula. Saya mengajar fotografi dalam perjalanan ini.

Saya senang saya melakukan semua hal yang berbeda ini, tetapi ini adalah hal yang macet dan merupakan bisnis yang layak. Seseorang mungkin bermimpi untuk pergi ke Galapagos tetapi merasa tidak aman tentang tahun berapa untuk pergi atau siapa lagi yang akan berada di kapal. Mereka mempercayai saya.

Saya selalu memiliki visi bahwa pada akhirnya itu akan menjadi platform di mana orang-orang dengan spesialisasi lain dapat memimpin perjalanan. Kami setengah jalan untuk itu. Saya memiliki sekitar 10 orang yang menjalankan perjalanan untuk saya, beberapa hanya satu perjalanan, tetapi satu menjalankan lima perjalanan setahun.

Saya mulai dengan perjalanan scuba diving, perjalanan menyelam bangkai kapal dan lokakarya foto karena ada banyak minat dari ekspatriat di Hong Kong dan Singapura. Ini telah berkembang di seluruh dunia sekarang, dan saya tidak memiliki banyak klien yang berbasis di Hong Kong lagi.

Mengedipkan mata pada paus

Pada 2019, saya mulai menawarkan kesempatan untuk berenang bersama paus. Semua orang ingin berenang dengan paus bungkuk. Mereka adalah paus paling seksi dan paling menghibur karena mereka bernyanyi dan melompat dan penasaran.

Saya membawa orang ke Sri Lanka untuk berenang dengan paus biru, mereka adalah yang terbesar. Ketika seekor paus menatap mata seseorang untuk pertama kalinya dan berkedip, orang-orang terpikat.

Itulah mengapa ini adalah bisnis yang bagus karena harganya sangat mahal dan begitu seseorang ketagihan, mereka menginginkan pengalaman berikutnya.

Apa yang tidak membunuhmu …

Jika Anda menempatkan siapa pun di dalam air dengan lumba-lumba, bahkan seseorang yang tidak suka berenang, itu mengangkat mereka. Ini seperti bermain dengan anak anjing, ada serotonin di semua tempat. Itu adalah sukacita.

Seekor paus adalah level berikutnya. Anda melihat seekor binatang besar yang menerima kehadiran Anda dan, jika Anda benar-benar beruntung, itu memberi Anda sedikit koneksi.

Saya menemukan koneksi kadang-kadang berlebihan. Saya tidak berpikir hewan itu menganggapnya sebagai koneksi begitu banyak, tetapi mereka pasti menerima kehadiran kita.

Melihat binatang dari dekat di alam liar yang memiliki kekuatan untuk membunuh Anda dengan sangat mudah, tetapi tidak, sangat kuat. Tamu-tamu saya terpikat oleh lautan.

Hiu dan paus adalah dua hal besar saya. Non-penyelam berpikir hiu berbahaya. Kami menyelam dengan semua sies. Mereka tidak agresif.

Yang satu

Pada 2017, dua tahun setelah saya membuat perubahan karier, saya bertemu Kate, seorang pengacara. Dia adalah seorang siswa menyelam dan saya mengajarinya di kursus perairan terbuka.

Saya belum pernah memiliki sesuatu dengan seorang siswa sebelumnya, dan tidak akan pernah melakukan itu, tetapi karena saya telah menunggu lama, saya tahu ini adalah yang benar. Dan dia.

Kami pindah bersama setahun kemudian dan menikah tepat sebelum pandemi, pada Desember 2019. Musim panas lalu kami mengadopsi seorang anak laki-laki lokal di Hong Kong. Dia sekarang berusia 18 bulan.

Jack dari banyak perdagangan

Melakukan terlalu banyak hal sekaligus menyenangkan untuk sementara waktu, tetapi seiring waktu Anda harus fokus pada apa yang paling masuk akal. Anda tidak dapat melakukan sesuatu dengan benar jika Anda melakukan segalanya.

Saya berharap bahwa 2020 akan menjadi tahun istirahat besar saya untuk Insider Divers, bahwa saya akan membawa cukup uang dari perjalanan sehingga saya dapat berhenti dari yang lainnya. Sebaliknya, perjalanan berjalan bebas karena pandemi.

Saya tetap sibuk dan membantu membuka toko selam dan melakukan pelatihan fotografi bawah air.

Tetap fleksibel

Begitu Anda memasuki dunia gaya hidup alternatif ini, Anda menyadari bahwa Anda tidak perlu melakukan apa yang dilakukan orang lain. Anda dapat memiliki kehidupan yang menarik dan penghasilan yang baik dengan menjadi fleksibel.

Saya bisa bekerja kapanpun dan dimanapun saya mau. Kate memiliki beberapa cuti hamil yang tersisa, jadi kami akan pergi ke Eropa musim panas ini. Kami mencintai Hong Kong tetapi itu adalah tempat yang mahal untuk gaya hidup yang fleksibel dan sekolah mahal.

Kate lahir di Hong Kong dan meskipun saya sudah tinggal di sini selama saya tinggal di Jerman, saya merasa lebih nyaman di sini. Kami adalah warga Hongkong.

Saya suka alam di sini. Ada ratusan pulau dan pantai dan gunung untuk didaki. Dan Anda selalu penerbangan singkat dari tujuan keren. Akhir pekan ini, saya akan berenang dengan orca di Meksiko.